Untuk saat ini mencoba menyusun beberapa contoh tentang
Kisi-kisi Soal Ulangan tingkat Sekolah Dasar yang digunakan sebagai perangkat
evaluasi. Banyaknya meminta ketika sedang diskusi
digrup media sosial menjadikan suatu dorongan dalam
penulisan ini dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan
menuju kelengkapan program evaluasi itu sendiri.
Karena salah satu upaya
mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
adalah dengan dilaksanakannya evaluasi pembelajaran. Evaluasi dapat diartikan
sebagai proses yang sistematis dalam menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran
dapat dicapai oleh siswa. Evaluasi dalam pendidikan merupakan salah satu dari
serangkaian proses pembelajaran.
Kegiatan evaluasi hendaknya
dilaksanakan secara terus menerus selama dan sesudah proses pembelajaran.
Dari kegiatan tersebut guru akan memperoleh hasil prestasi belajar siswa. Hasil
belajar siswa ini dapat digunakan sebagai umpan balik dan untuk
menganalisis proses kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari hasil
penilaian tersebut guru dapat memperoleh kesimpulan apakah proses pembelajaran
perlu diadakan perbaikan secara klasikal, kelompok, maupun pengayaan bagi siswa
yang telah mencapai tuntas belajar.
Agar evaluasi sesuai dengan program
pendidikan, maka seorang guru diharuskan menyusun kisi-kisi soal. Menurut para
ahli pengertian kisi-kisi adalah suatu format yang dapat berupa matriks yang
memuat informasi dan dijadikan pedoman untuk menyusun soal menjadi tes.
Penyusunan kisi-kisi merupakan
langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Tanpa adanya
indikator dalam kisi-kisi tidak dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.
(Sopyanudin, 2006:41)
Di bawah ini ada contoh Kisi-kisi Soal sebagai bahan perbandingan untuk para Dewan Guru yang
memang sedang mencarinya.