Kuputusan situasional adalah menyangkut keputusan tentang
apa dan bagaimana pengajaran akan diwujudkan berdasarkan analisis situasi ( tujuan yang ingin dicapai, bahan
yang akan di sampaikan, waktu , fasilitas yang tersedia dan perilaku bawaan
siswa).Keputusan ini diambil ketika guru menyusun persiapan tertlis dalam
bentuk satuan pembelajaran.Keputusan transaksional merupakan penyesuaian yang
dilakukan yang berkaitan dengan pelaksanaan dari keputusan situasional
berdasarkan umpan yang diperoleh guru dari interaksinya dengan siswa maupun
dari interaksi antar siswa dalam prose belajar mengajar yang sedang berlangsung
, Keputusan ini diambil karena adanya perubahan situasi dan kondisi yang
berkembang dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
Faktor penentu aktualisasi peristiwa belajar mengajar
adalah sebagai berikut: tujuan meliputi (pengetahuan , keterampilan sikap,
nilai yang ingin dicapai), siswa ( usia, kemampuan, minat, latar belakang ,
motivasi), pengajar ( filosofi , kompetensi, kebiasaan dan lain-lain) , materi
( fakta, konsep, keterampilan dan lain-lain
), ketersediaan alat , waktu persiapan , besar kelas, jumlah ruangan ,
jumalah jam pertemuan.
No comments:
Post a Comment