Dec 2, 2014

PEMBELAJARAN AKTIF



      Pembelajaran aktif merupakan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif dimana peserta didik mendominasi aktivitas pembelajaran dengan demikian secara aktif mendominasi menggunakan otak , baik untuk untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran , memecahkan persoalan. Dengan belajar aktif peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran tidak hanya mental tetapi juga fisik.Karena pembelajaran aktif cenderung membuat peserta didik lebih dapat mengingat materi pelajaran. Sedang pembelajaran pasif membuat peserta didik mudah melupakan materi pelajaran.
     Akhir – akhir ini , pembelajaran aktif sudah menjadi bagian penting dari proses pembelajaran . Di sekolah para guru disarankan untuk mengemas pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif telah terbukti meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran karena  pembelajaran aktif adalah pembelajaran pada siswa atau dalam Bahasa Inggris student centered learning. Pembelajaran aktif sangat penting dikembangkan dan diberikan kepada guru sebab guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan dan merupakan sarana untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran.
Belajar aktif sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum.Ketika peserta didik hanya menerima dari guru , ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah diberikan .Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran tertentu untuk dapat mengikat informasi yang baru saja diterima dari guru.Belajar aktif salah satu cara untuk mengikat informasi yang baru kemudian menyimpannya dalam otak .
       Ungkapan  filosof Tiongkok “ Apa yang saya dengar, saya lupa ; Apa saya lihat saya ingat dan ; Apa saya lakukan , saya memahami mengisyaratkan bahwa kegiatan mendengar mempunyai banyak kelemahan. Seorang guru dapat mecoba berbagai strategi pembelajaran yang tidak hanya mendengar tetapi melihat, merasakan , memperaktikkan bahkan mengajarkan kepada temannya.Dengan demikan terciptalah peran guru sebagai fasilitator pembelajaran dimana siswa dapat difasilitasi sehingga mereka dapat belajar dengan nyaman, aktif , kreatif , inovatif, dan menyenangkan. Selain itu guru dapat mengamati , mengarahkan membimbing serta meberikan klarifikasi pada akhir pembelajaran.
      Karakteristik pembelajaran aktif menurut Bonwell ( 1995) Proses pembelajaran ditekankan pada pengembangan keterampilan pemikiran analitis dan kristis terhadap permasalahan; peserta didik mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan materi kuliah; penekan pada eksplorasi nilai-nilai sikap berkenaan dengan materi; umpan balik yang lebih cepat akan terjadi pada proses pembelajaran ; peserta didik lebih banyak dituntut untuk berpikir kritis, menganalisis dan mengevaluasi.Sehingga dapat disimpulkan bahwa karakteristik pembelajaran aktif adalah mengembangkan sikap aktif, kritis,analitis dalam memberikan umpan balik materi yang diajarkan. Ini sesuai dengan pilar pendidikan universal yang dirumuskan oleh UNESCO yaitu 1) Belajar untuk mengetahui ( learning to know ), 2) Belajar untuk berbuat ( learning to do ), 3) Belajar untuk menjadi (learning to be ) 4) Belajar untuk hidup bersama (learning to live together ).

ARSIP